10 Langkah Penjualan Sukses (Ten Steps To Boost Up Your Sales) #6 Presentation



Apakah Anda pernah mengalami peristiwa dimana orang-orang yang seharusnya mendengarkan penjelasan Anda tentang sesuatu, entah itu adalah proyek, produk, maupun jasa, justru tidak mendengarkan Anda dan malah sibuk sendiri, atau bahkan ngantuk? Apakah Anda pernah berpikir untuk mencari cara presentasi yang efektif dan tidak membuat bosan para pendengar?



Setelah melakukan langkah kelima bernama Probing, kali ini kita akan mengulas secara umum langkah keenam dari [Sepuluh Langkah Penjualan Sukses], yaitu Presentation.

************************


Presentation atau presentasi, dalam konteks ini, berhubungan dengan teknik presentasi yang harus dimiliki seorang penjual. Pada hakikatnya presentasi adalah tentang sebuah proses dari persiapan-persiapan yang sudah dilakukan sebelumnya kepada sebuah eksekusi yang pada akhirnya dapat menawarkan sebuah solusi yang memiliki nilai tambah untuk kepentingan pelanggan.

Mengapa perlu sebuah persiapan? Karena salah satu penyebab kegagalan total sebuah presentasi adalah kurangnya perencanaan dan persiapan. Selain itu, faktor-faktor lain seperti ketidaktepatan waktu hadir pada saat presentasi, tidak menguasai produk, kurang mendengarkan, perasaan takut gagal, dan lain-lain juga turut membentuk alasan kegagalan sebuah presentasi.

Oleh karena itu, perlu dilakukan beberapa langkah untuk bisa memberikan sebuah presentasi yang sukses. Pertama, dengan melakukan perencanaan dan persiapan yang cukup. Kemudian memilih waktu yang tepat untuk melakukan presentasi kepada pelanggan. Menguasai produk yang akan dijual, dan jangan lupa untuk menahan penjelasan anda dan lebih banyak mendengar dengan melakukan probing yang telah dijelaskan pada tulisan sebelumnya.

Bagaimana caranya mempresentasikan sebuah solusi kepada pelanggan? Ada sebuah prinsip yang dikenal dengan F-A-B (Feature-Advantage-Benefit), yang berarti bahwa tenaga penjual harus mampu memberikan ciri khas sebuah produk, keunggulannya dibandingkan pesaing, dan manfaat produk yang bisa memenuhi atau menyelesaikan masalah bagi pelanggan, secara runtut dan logis. Hal yang patut diingat adalah pelanggan tidak membeli fitur maupun advantage Anda, melainkan manfaat yang mereka ekspektasikan atau harapkan dari penggunaan produk tersebut.

Lalu, bagaimana detil cara presentasi yang menarik dan tidak membuat bosan para pendengar? Apakah ada tips-tips kecil dan efektif untuk menambah persentase kemungkinan presentasi Anda sukses?

Anda bisa mendapatkan jawabannya dan mempraktekkan beberapa simulasi terkait langkah ini, dengan menghubungi Cendekia Management Center ini. Dengan pengalaman lebih dari 25 tahun di bidang Manufaktur, Trading, dan Jasa, Fasilitator akan memberikan Training, Coaching, dan Sharing aplikasi bisnis industri dan membantu anda menemukan jawabannya secara lebih mendalam, aplikatif, dan efektif.

Komentar

Postingan Populer