10 Langkah Penjualan Sukses (Ten Steps To Boost Up Your Sales) #6 Presentation
Apakah Anda pernah mengalami peristiwa dimana orang-orang yang
seharusnya mendengarkan penjelasan Anda tentang sesuatu, entah itu adalah
proyek, produk, maupun jasa, justru tidak mendengarkan Anda dan malah sibuk
sendiri, atau bahkan ngantuk? Apakah
Anda pernah berpikir untuk mencari cara presentasi yang efektif dan tidak
membuat bosan para pendengar?
Setelah melakukan langkah kelima bernama Probing, kali ini kita akan mengulas secara umum langkah keenam dari [Sepuluh Langkah Penjualan Sukses], yaitu Presentation.
************************
Presentation atau presentasi, dalam konteks ini, berhubungan dengan teknik
presentasi yang harus dimiliki seorang penjual. Pada hakikatnya presentasi
adalah tentang sebuah proses dari persiapan-persiapan yang sudah dilakukan
sebelumnya kepada sebuah eksekusi yang pada akhirnya dapat menawarkan sebuah solusi
yang memiliki nilai tambah untuk kepentingan pelanggan.
Mengapa perlu sebuah persiapan? Karena salah satu penyebab kegagalan
total sebuah presentasi adalah kurangnya perencanaan dan persiapan. Selain itu,
faktor-faktor lain seperti ketidaktepatan waktu hadir pada saat presentasi,
tidak menguasai produk, kurang mendengarkan, perasaan takut gagal, dan
lain-lain juga turut membentuk alasan kegagalan sebuah presentasi.
Oleh karena itu, perlu dilakukan beberapa langkah untuk bisa memberikan
sebuah presentasi yang sukses. Pertama, dengan melakukan perencanaan dan
persiapan yang cukup. Kemudian memilih waktu yang tepat untuk melakukan
presentasi kepada pelanggan. Menguasai produk yang akan dijual, dan jangan lupa
untuk menahan penjelasan anda dan lebih banyak mendengar dengan melakukan probing yang telah dijelaskan pada
tulisan sebelumnya.
Bagaimana caranya mempresentasikan sebuah solusi kepada pelanggan? Ada
sebuah prinsip yang dikenal dengan F-A-B
(Feature-Advantage-Benefit), yang berarti bahwa tenaga penjual harus mampu
memberikan ciri khas sebuah produk, keunggulannya dibandingkan pesaing, dan
manfaat produk yang bisa memenuhi atau menyelesaikan masalah bagi pelanggan,
secara runtut dan logis. Hal yang patut diingat adalah pelanggan tidak membeli fitur maupun advantage Anda, melainkan
manfaat yang mereka ekspektasikan atau harapkan dari penggunaan produk
tersebut.
Lalu, bagaimana detil cara presentasi yang menarik dan tidak membuat
bosan para pendengar? Apakah ada tips-tips kecil dan efektif untuk menambah
persentase kemungkinan presentasi Anda sukses?
Anda bisa mendapatkan jawabannya dan mempraktekkan beberapa simulasi
terkait langkah ini, dengan menghubungi Cendekia Management Center ini. Dengan
pengalaman lebih dari 25 tahun di bidang Manufaktur, Trading, dan Jasa,
Fasilitator akan memberikan Training, Coaching, dan Sharing
aplikasi bisnis industri dan membantu anda menemukan jawabannya secara lebih
mendalam, aplikatif, dan efektif.
Komentar
Posting Komentar