10 Langkah Penjualan Sukses (Ten Steps To Boost Up Your Sales) #1 Planning & Preparation


Kunci sukses seorang salesman professional, sejatinya hanya terletak pada tiga hal yang utama: Knowledge, Skill, dan Attitude tentang salesmanship. Hampir semua trainer dan motivator setuju dan sering menekankan bahwa Attitude adalah unsur terpenting dan terbesar dibandingkan dengan kedua unsur lainnya. Namun, kebanyakan dari mereka justru lupa bahwa yang lebih dibutuhkan oleh para tenaga penjual adalah sebuah alat bantu kerja yang aplikatif dan benar-benar mampu berdampak langsung terhadap kinerja penjualan mereka. Dengan kata lain, mereka semua membutuhkan Knowledge dan juga Skill di samping memiliki Attitude positif sebagai senjata penjualan mereka.

Artikel berseri ini akan memuat tentang [Sepuluh Langkah Penjualan Sukses], yang terdiri dari:

1)        Planning & Preparation
2)        Prospecting
3)        Approaching
4)        Checking Stock
5)        Probing
6)        Presentation
7)        Handling Objection
8)        Negotiation
9)        Closing

Dan untuk posting kali ini, akan dibahas secara ringkas mengenai langkah #1: Planning and Preparation.



*************************





PLANNING & PREPARATION



Istilah Planning and Preparation diartikan sebagai sebuah perencanaan dan persiapan sebelum melakukan kunjungan, baik kepada calon pelanggan baru maupun pelanggan lama. Setiap tenaga penjual yang melakukan perencanaan, membagi agendanya tersebut menjadi dua rencana besar: Call Plan dan Route Plan. Sedangkan persiapan yang mereka lakukan selayaknya mempertimbangkan dua unsur besar: Physical Preparation dan Mental Preparation.



·         Call Planlangkah perencanaan ini mengharuskan tenaga penjual untuk melakukan perkiraan jumlah kunjungan yang akan dilakukan pada hari atau minggu itu, merencanakan jadwal pembuatan janji bertemu, mendaftar orang-orang yang akan dihubungi, memperkirakan waktu untuk melakukan kunjungan, target pendapatan atau jumlah barang ‘deal’ di setiap kunjungan, dan lain-lain.


·         Route Plan—langkah perencanaan ini mengharuskan tenaga penjual untuk memperhitungkan frekuensi kunjungan mereka ke setiap pelanggan, jarak tempuh setiap harinya, waktu perjalanan dari kantor ke setiap pelanggan sekaligus waktu yang disediakan per kunjungan untuk setiap pelanggan, waktu perjalanan dari pelanggan satu ke pelanggan lainnya, dan waktu perjalanan dari pelanggan terakhir sampai kembali ke kantor lagi.

·         Physical Preparation—langkah persiapan ini mengharuskan tenaga penjual untuk memperhatikan kesiapan fisiknya sebelum menemui pelanggan, misalnya dengan melatih keterampilan professional grooming pribadinya (rambut / wajah / tangan / mulut dan gigi / tubuh / busana / aksesoris), memastikan bahan bakar kendaraan cukup untuk perjalanan sebelum hari kerja dimulai, mempersiapkan alat bantu penjualan / merchandise / promosi dan database pelanggan untuk dibawa, dan lain-lain.

·         Mental Preparation—langkah persiapan ini mengharuskan tenaga penjual untuk mempersiapkan hati dan mentalnya sebelum maju ke ‘medan perang’. Hal tersebut bisa dilakukan dengan cara berdoa atau memotivasi diri, sehingga memunculkan perasaan senang, ada harapan, menjadi percaya diri, sabar, gigih, optimis, fokus, jujur, antusias, dan seterusnya.

Mengapa perencanaan dan persiapan itu perlu? Karena pada dasarnya terdapat tiga jenis sumber daya salesman: tenaga, uang, dan waktu. Dan sayangnya, ketiganya merupakan sumber daya yang terbatas dalam konteks melakukan penjualan. Oleh karena itu, langkah-langkah dan latihan-latihan pengelolaan waktu adalah sangat penting dalam langkah paling pertama ini.

Bagaimana melakukannya? Anda bisa menemukan jawabannya dengan menghubungi Cendekia Management Center ini. Dengan pengalaman lebih dari 25 tahun di bidang Manufaktur, Trading, dan Jasa, Fasilitator akan memberikan Training, Coaching, dan Sharing aplikasi bisnis industri dan membantu anda menemukan jawabannya secara lebih mendalam, aplikatif, dan efektif. 


  -----------------------------------------------


Komentar

Postingan Populer