10 Langkah Penjualan Sukses (Ten Steps To Boost Up Your Sales) #3 Approaching & #4 Checking Stock

Setelah sebelumnya, kami memberikan gambaran umum mengenai langkah pertama dan kedua dalam prinsip [Sepuluh Langkah Penjualan Sukses], posting blog kali ini akan kembali memberikan gambaran dari langkah-langkah selanjutnya: Approaching.

************************


APPROACHING

Approaching adalah langkah ketiga dalam prinsip [Sepuluh Langkah Penjualan Sukses], dimana ini merupakan langkah lanjutan yang harus langsung dijalankan oleh tenaga penjual setelah melakukan aktivitas Prospecting. Di dalam menjalankan langkah ini, tenaga penjual diharapkan untuk melakukan serangkaian aktivitas secara berurutan sebagai berikut.

Saat akan menemui—misalnya saja—outlet atau toko yang sudah dianggap merupakan prospek yang potensial, jangan ditemui dulu. Lakukan observasi dari luar outlet, untuk menganalisa para pelanggan yang berkunjung ke outlet prospek tersebut dan mengamati perilaku mereka.

Setelah dirasa cukup mendapat informasi tambahan mengenai hal tersebut, lakukan observasi dari dalam outlet untuk melihat peluang bisnis yang ada, dan kemudian temuilah sang pemilik outlet.

Setelah memperkenalkan diri anda, segera jelaskan agenda atau maksud kunjungan anda. Dan perhatikanlah dalam setiap tindak tanduk Anda, bahwa Anda selalu berorientasi pada kepentingan outlet dengan cara memenuhi kebutuhannya, menangani keberatan atau komplain, dan memberi nilai tambah kepadanya sebagai dampak dari membeli produk kita.

Beberapa hal patut dijadikan bahan renungan untuk dipikirkan, berdasarkan langkah ketiga ini. Misalnya saja, bagaimana detil dan tata cara memperkenalkan diri dan membuat suasana cair pada pertemuan pertama antara tenaga penjual dengan prospeknya? Tips-tips kecil nan penting apa saja yang bisa dilakukan sebelum bertemu dan melakukan pendekatan dengan pelanggan?





Langkah keempat dalam prinsip [Sepuluh Langkah Penjualan Sukses] ini dilaksanakan bisa bertepatan atau sembari melakukan langkah ketiga sebelumnya. Tugas tenaga penjual di langkah ini antara lain memeriksa stok dan posisi produk milik perusahaan tempat tenaga penjual bernaung, memeriksa stok dan posisi produk milik perusahaan pesaing, maupun pergerakan penjualan produk-produk milik perusahaan sendiri maupun perusahaan pesaing.

Selain memeriksa hal-hal yang berhubungan dengan stok produk di outlet prospek tersebut, tenaga penjual juga dapat dan diharapkan untuk melakukan kegiatan pengumpulan informasi-informasi terbaru mengenai keadaan pasar dari produk tersebut, kegiatan-kegiatan pesaing baik di outlet tersebut maupun di luar outlet, keadaan ekonomi makro yang teridentifikasi dari percakapan dengan pemilik outlet, dan lain-lain.

Langkah Approaching maupun Checking Stock ini sejatinya memerlukan sekali bentuk simulasi-simulasi dan latihan-latihan yang dapat memudahkan para tenaga penjual untuk memahami konsep dasar dua langkah ini dan menjadikannya sebagai alat kerja, atau memberikan keterampilan menjual yang teknis secara efektif di lapangan.

Anda bisa mendapatkannya dengan menghubungi Cendekia Management Center ini. Dengan pengalaman lebih dari 25 tahun di bidang Manufaktur, Trading, dan Jasa, Fasilitator akan memberikan Training, Coaching, dan Sharing aplikasi bisnis industri dan membantu anda menemukan jawabannya secara lebih mendalam, aplikatif, dan efektif.

Komentar

Postingan Populer