10 Langkah Penjualan Sukses (Ten Steps To Boost Up Your Sales) #3 Approaching & #4 Checking Stock
Setelah sebelumnya, kami memberikan gambaran umum
mengenai langkah pertama dan kedua dalam prinsip [Sepuluh Langkah Penjualan Sukses], posting blog kali ini akan
kembali memberikan gambaran dari langkah-langkah selanjutnya: Approaching.
************************
APPROACHING
Approaching adalah
langkah ketiga dalam prinsip [Sepuluh
Langkah Penjualan Sukses], dimana ini merupakan langkah lanjutan yang harus
langsung dijalankan oleh tenaga penjual setelah melakukan aktivitas Prospecting. Di dalam menjalankan
langkah ini, tenaga penjual diharapkan untuk melakukan serangkaian aktivitas
secara berurutan sebagai berikut.
Saat akan menemui—misalnya saja—outlet atau toko yang
sudah dianggap merupakan prospek yang potensial, jangan ditemui dulu. Lakukan
observasi dari luar outlet, untuk menganalisa para pelanggan yang berkunjung ke
outlet prospek tersebut dan mengamati perilaku mereka.
Setelah dirasa cukup mendapat informasi tambahan
mengenai hal tersebut, lakukan observasi dari dalam outlet untuk melihat
peluang bisnis yang ada, dan kemudian temuilah sang pemilik outlet.
Setelah memperkenalkan diri anda, segera jelaskan
agenda atau maksud kunjungan anda. Dan perhatikanlah dalam setiap tindak tanduk
Anda, bahwa Anda selalu berorientasi pada kepentingan outlet dengan cara
memenuhi kebutuhannya, menangani keberatan atau komplain, dan memberi nilai
tambah kepadanya sebagai dampak dari membeli produk kita.
Beberapa hal patut dijadikan bahan renungan untuk
dipikirkan, berdasarkan langkah ketiga ini. Misalnya saja, bagaimana detil dan
tata cara memperkenalkan diri dan membuat suasana cair pada pertemuan pertama
antara tenaga penjual dengan prospeknya? Tips-tips kecil nan penting apa saja
yang bisa dilakukan sebelum bertemu dan melakukan pendekatan dengan pelanggan?
Langkah keempat dalam prinsip [Sepuluh Langkah Penjualan Sukses] ini dilaksanakan bisa bertepatan
atau sembari melakukan langkah ketiga sebelumnya. Tugas tenaga penjual di
langkah ini antara lain memeriksa stok dan posisi produk milik perusahaan
tempat tenaga penjual bernaung, memeriksa stok dan posisi produk milik
perusahaan pesaing, maupun pergerakan penjualan produk-produk milik perusahaan
sendiri maupun perusahaan pesaing.
Selain memeriksa hal-hal yang berhubungan dengan stok
produk di outlet prospek tersebut, tenaga penjual juga dapat dan diharapkan
untuk melakukan kegiatan pengumpulan informasi-informasi terbaru mengenai keadaan
pasar dari produk tersebut, kegiatan-kegiatan pesaing baik di outlet tersebut
maupun di luar outlet, keadaan ekonomi makro yang teridentifikasi dari
percakapan dengan pemilik outlet, dan lain-lain.
Langkah Approaching
maupun Checking Stock ini sejatinya
memerlukan sekali bentuk simulasi-simulasi dan latihan-latihan yang dapat
memudahkan para tenaga penjual untuk memahami konsep dasar dua langkah ini dan
menjadikannya sebagai alat kerja, atau memberikan keterampilan menjual yang
teknis secara efektif di lapangan.
Anda bisa mendapatkannya dengan menghubungi Cendekia
Management Center ini. Dengan pengalaman lebih dari 25 tahun di bidang
Manufaktur, Trading, dan Jasa, Fasilitator akan memberikan Training, Coaching,
dan Sharing
aplikasi bisnis industri dan membantu anda menemukan jawabannya secara lebih
mendalam, aplikatif, dan efektif.
Komentar
Posting Komentar