10 Langkah Penjualan Sukses (Ten Steps To Boost Up Your Sales) #8 Negosiasi
Kemampuan presentasi Anda berguna untuk menginspirasi, memberikan
informasi, dan mempengaruhi orang lain. Sementara, kemampuan menjual Anda
berguna untuk mencapai target penjualan yang ditetapkan oleh perusahaan Anda.
Namun, kemampuan untuk bernegosiasi lah yang berguna untuk mengantarkan anda
menuju sebuah kesepakatan atau DEAL yang baik.
Posting blog kali ini akan memberikan gambaran secara umum, langkah
kedelapan dari [Sepuluh Langkah
Penjualan Sukses], yang dinamakan sebagai Negotiation.
***********************
Negotiation atau negosiasi sejatinya merupakan proses komunikasi untuk melaksanakan
sejumlah pertukaran penawaran untuk mencapai suatu kesepakatan yang diharapkan
memberikan nilai tambah bagi masing-masing pihak. Sifat dari negosiasi itu
sendiri bisa dibilang tak terbatas, sehingga ada ungkapan demikian: “Selain
kematian, semua itu bisa dinegosiasikan”.
Ada empat kondisi yang mungkin tercipta atau dihasilkan dalam sebuah
negosiasi: (1) I Win – You Win; (2) I
Win – You Lose; (3) I Lose – You Win; (4) I Lose – You Lose. Alasan dari sebuah
keharusan bernegosiasi pun bermacam-macam, misalnya karena kita menginginkan
sesuatu yang berada di bawah kontrol pihak lawan, atau pun sebaliknya. Kita
semua menginginkan negosiasi bisa juga karena kita menginginkan kesepakatan
ataupun menyelesaikan masalah. Dengan kata lain, hasil akhir dari sebuah
negosiasi adalah sangat penting dan berpengaruh dalam hidup kita; bagi tenaga
penjual, akan berpengaruh terhadap keberhasilan penjualannya.
Namun, setiap tenaga penjual pernah melakukan kesalahan negosiasi
disebabkan oleh beberapa hal. Tenaga penjual mungkin saja tidak memahami
kemampuan perusahaan, sehingga membuat kesalahan ketika ia memberikan diskon
yang terlalu besar kepada pelanggan. Ketidakmatangan dalam mempersiapkan alat
bantu negosiasi, seperti shopping list
atau patokan diskon harga dari perusahaan, juga dapat menjadi penyebab
kegagalan negosiasi.
Terkadang para tenaga penjual malah memasang sikap ‘mengalah’ sejak awal
terjadinya negosiasi, dimana mereka terkadang membiarkan pelanggan mendikte
mereka tentang poin-poin yang seharusnya disepakati bersama melalui negosiasi.
Bahkan tanpa diminta oleh pelanggan, para tenaga penjual sudah memberikan
diskon terang-terangan di depan mata.
Harap diingat bahwa prospek juga memiliki taktik bernegosiasinya
sendiri, oleh karena itu diharapkan kita menerapkan pola Komunikasi Asertif. Maksud dari komunikasi asertif adalah kemampuan
untuk mengungkapkan opini, perasaan, sikap, hak kita dengan jujur dan terbuka
tanpa melanggar hak-hak dan melukai perasaan orang lain. Bahkan kita dapat mempertahankan hak kita tanpa melanggar hak
orang lain.
Dalam bernegosiasi, tenaga penjual diharapkan melakukan sebuah
PERTUKARAN, bukan KONSESI, dengan menggunakan sebuah alat bernama BATNA (Best Alternative to a Negotiated
Agreement). Pada dasarnya taktik ini mengharuskan tenaga penjual untuk
mengembangkan momentum dengan menekankan kepentingan bersama. Isu-isu kecil
yang seharusnya bisa diabaikan, jangan sampai menjadi isu yang prinsip atau
penting. Bila perlu, gantilah isu-isu jika menemui jalan buntu. Dan, menangani
tawaran yang gila-gilaan dengan hati-hati.
Selain menggunakan BATNA, berikut adalah beberapa tips yang selayaknya
diketahui dan dipahami:
- Jangan mudah menyerah, terutama di AWAL perundingan;
- Jangan menyepakati sesuatu terlalu awal, tanpa memahami kesepakatan secara keseluruhan, dan tanpa merasa yakin tentang apa yang akan Anda dapatkan sebagai imbalan;
- Pastikan segala sesuatu telah DISIAPKAN sebelum maju bernegosiasi;
- Jangan membuat keputusan yang terlalu cepat di bawah tekanan. Teleponlah orang lain (misalnya, atasan langsung atau kepala divisi lain) untuk mengulur waktu;
- Jangan mudah terkecoh dengan jebakan lawan;
- Percaya diri, namun tidak emosional;
- Terus bertanya dan terus mendengarkan;
- dan lain-lain.
Anda bisa mendapatkan pemahaman lebih jauh lagi tentang Komunikasi
Asertif, simulasi negosiasi dengan alat BATNA, dan strategi-strategi serta
tips-tips negosiasi yang lain dengan menghubungi Cendekia Management Center
ini. Dengan pengalaman lebih dari 25 tahun di bidang Manufaktur, Trading, dan
Jasa, Fasilitator akan memberikan Training, Coaching, dan Sharing
aplikasi bisnis industri dan membantu anda menemukan jawabannya secara lebih
mendalam, aplikatif, dan efektif.
Komentar
Posting Komentar